5 Website Buat Mengukur Kecepetan Internet. Berapa Speed Internetmu?

5 Website Buat Tes Speed Internet. Berapa Speed Internetmu?
Beberapa hari yang lalu mimin Bolt Spot baru beli modem mifi  portable Bolt, karena penasaran pingin nyoba rasanya Internet Unlimited Bolt yang katanya juga BOLT Lebih Cepat daripada provider lain. Habis pasang modem, sambung koneksi, langsung dong buka website Speedtest.net buat mengukur kecepatan internetnya. Dan, wuoh gila manteb bener, kenceng abis bro! Gak nyesel dah beli ini! Udah cepet, unlimited, murah lagi, cuma 90ribu loh per bulan.
Harga Internet Unlimited BOLT

Ngomong-ngomong soal mengukur kecepatan internet, kalian pastinya sering dong mengunjungi website Speedtest.net? Yup, Speedtest.net merupakan website yang menjadi pilihan populer untuk menguji kecepatan internet. Tetapi taukah kalian, kalau Google dan Netflix juga punya loh alat untuk mengukur kecepatan internet. Penasaran kan? Berikut ini mimin Bolt Spot akan bahas Website untuk mengukur kecepatan internet.

1. Speedtest.net

Speedtest.net Internet Speed Test
Sudah pasti gak asing lagi kan buat kalian. Ya, Speedtest.net sering kali menjadi pilihan utama untuk kita melihat seberapa cepat koneksi internet kita. Cukup tekan ‘Go’ dan semua akan terlihat. Mulai dari ISP (Internet Service Provider), Alamat IP (Internet Protocol Address), lokasi server, ping internet, kecepatan download serta kecepatan upload, semua akan terpampang jelas di sana. Kita juga bisa mendaftar akun di sana, dengan begitu kita bisa mengakses hasil riwayat tes internet speed kita.

2. Google

Google Internet Speed Test

Mesin pencari raksasa Google juga punya alat untuk mengukur kecepatan internet loh. Alat ini terhubung dengan Measurement Lab (M-Lab) yang mana mereka melakukan pengujian dan mempublikasikan semua hasil pengujian untuk mempromosikan riset internet. Kalian bisa mencoba dengan search di google dengan kata kunci “Speed test”. Lalu akan muncul di atas pencarian “Uji kecepatan internet”. Tekan tombol warna biru bertuliskan “Jalankan uji kecepatan” dan lihat sendiri hasilnya. Kalian bisa mengecek speed upload, download dan latensi. Latensi sama dengan ping, gunanya untuk mengukur seberapa cepat internet kita  mendapat respon dari server. Koneksi internet yang baik memiliki kecepatan download dan upload yang tinggi tetapi dengan latensi rendah.

3. Fast.com

Fast.com Netflix Internet Speed Test

Siapa yang tau Netflix? Ituloh penyedia layanan video streaming yang paling gede di Amerika. Nah, gak cuma menyediakan video streaming loh. Netflix juga mengembangkan sebuah website untuk mengukur kecepatan internet. Namanya adalah Fast.com. Desainnya simple, clean, dan pastinya bebas dari iklan. Gak kayak website yang itu tuh. Konsepnya hampir sama dengan punya Google, nantinya disana juga diperlihatkan speed upload, download dan juga latency. Dan enaknya lagi,  di Fast.com kalian juga bisa membagikan hasil speed test internet kalian dengan teman kalian di Facebook maupun Twitter.

4. Whatismyip.com

Selain menyediakan layanan untuk mengecek alamat IP kita, Whatismyip.com juga menyediakan layanan lain seperti IP Lookup, mengganti IP, menyembunyikan IP, dan juga internet speed test. Dengan internet speed test di Whatismyip.com kita bisa melihat kecepatan download dan upload, serta ping internet kita.

5. Century Link

Century Link merupakan perusahaan komunikasi di Amerika yang mencakup internet, telepon, dan juga tv. Untuk menunjang kebutuhan internet, Century Link juga menyediakan website speed test untuk mengecek kecepatan internet yang mereka sediakan. Tampilannya hampir sama dengan Speedtest.net, karena mengambil lisensi dari Ookla juga.


Sebenarnya masih banyak website lain yang juga bisa digunakan untuk mengukur kecepatan internet kalian seperti, Bandwidth Place, Speedtest.cbn.net.id,  Speedtest.att.com, Xfinity Speed Test, SpeedOf.me, Meter.net dll. Tapi mungkin cukup itu aja, nanti juga pasti ujung-ujungnya kalian bakal buka Speedtest.net.

Tapi apapun website yang kalian buka buat mengukur kecepatan internet nantinya, tetap kalian sepertinya juga harus nyobain rasanya pake Bolt. Dijamin deh, manteb abis! Gak nyesel deh pokoknya pake Internet Unlimited Bolt. Untuk info lebih lanjut, kalian bisa cek website Bolt.id. Share juga pengalaman kalian menggunakan Internet Unlimited Bolt ataupun penyedia internet lainnya yang kalian pakai di kolom komentar ya. #BOLTLebihCepat
Internet Cepet Sepuasnya Bolt

Post a Comment

6 Comments

Joko John said…
Itu pake speedtest.net kok kecil speed download sama uploadnya?
Zain said…
Baru permulaan doang.. Beberapa jam tes lagi cepet kok, bisa nyampe 3MB. Sebenernya gak terlalu peduli sih kalo speed, yang penting Internet Unlimited Bolt, jadi bisa internetan sepuasnya. Hehehe..
Unknown said…
Thanks for helping out, excellent information.
Blog Rumahan said…
Mantap mas infonya, setelah ditest ternyata internet saya lumayan cepat, hihihi

Btw cara kedua saya nggak bisa yah lewat Google itu, tombol ujinya nggak keluar, keluarnya sama kyk hasil pencarian biasa
Zain said…
Sama saya juga gak bisa. Mungkin semenjak pemerintah mengaktifkan fitur safesearch, speed test Google jadi gak bisa muncul di pencarian
AmyandRose said…
Love speedtest. We've been using it for a long time now. However, recently they've allocated a lot of servers which the ISP itself buys and fools the customer. You should always use multiple tools to check the speed.