29 July 2018

7 Tips Buat Orang Tua Untuk Menjaga Keamanan Anak Anda Saat Berinternet

7 Tips Untuk Orang Tua Menjaga Keamanan Anak Anda Saat Berselancar Online
Internet telah menjadi kebutuhan sehari-hari, memberikan akses ke informasi lebih banyak daripada generasi mana pun di masa lalu. Ini entah bagaimana memperkaya kehidupan banyak orang dengan cara baru dan menakjubkan. Sayangnya, internet juga telah menjadi jalan yang menimbulkan bahaya bagi Anda dan orang-orang yang Anda cintai. Jika tidak, Anda tidak akan mendengar tentang seseorang atau perusahaan yang menjadi korban serangan cyber. Bahkan ada mereka yang akun email dan media sosialnya telah diretas. Tidak peduli bagaimana mereka menampilkan diri mereka sendiri, bahaya yang mereka hadapi adalah nyata.

Tentu, orang jahat bisa pintar dan kreatif, tetapi Anda bisa menjadi lebih pintar dan lebih kreatif. Berikut beberapa cara Anda dapat melindungi perangkat anak-anak Anda, sehingga mereka semua dapat berselancar online tanpa perlu khawatir.

Menghindari Phishing

Tidak ada keraguan bahwa Anda telah menerima email atau pesan dari pengirim anonim. Satu-satunya tangkapan, bagaimanapun, adalah bahwa pesan-pesan ini mengandung URL informasi phishing. Kuncinya di sini adalah untuk mendidik anak-anak Anda tentang phishing dan bahaya yang dimilikinya. Ingat bahwa pesan phishing dirancang untuk mendapatkan informasi pribadi Anda, mulai dari kata sandi hingga detail bank. Anda dapat memulai dengan menginstal program keamanan yang secara otomatis mengenali URL cerdik ini dan, yang lebih penting, memblokirnya untuk selamanya.

Ketahui Situs Yang Sering Dikunjungi Anak-Anak Anda

Jika Anda tidak tahu, satu ons pencegahan identik dengan satu pon obat. Yang ini sangat penting di era Internet. Entah itu YouTube atau Facebook - atau hanya situs jejaring sosial lain - Anda harus benar-benar mengetahui tentang apa situs anak-anak Anda. Anda mungkin terkejut bahwa beberapa situs web ini dapat membahayakan anak-anak Anda. Cukup mendidik dan tunjukkan kepada mereka tanda-tanda peringatan dari skenario yang berpotensi berbahaya ini.

Kelola Waktu Internet Anak-Anak Anda

Tidak peduli apa yang Anda lakukan, anak-anak Anda akan selalu menyukai ide berselancar di internet. Dan tidak ada yang salah tentang hal itu, karena mereka hidup di dunia digital. Namun, ini tidak berarti Anda tidak perlu mengendalikannya. Tindakan terbaik Anda adalah menerapkan waktu ketika mereka dapat mengakses Internet. Mungkin Anda dapat mengizinkan mereka untuk melakukannya hanya pada akhir pekan ketika tidak perlu mereka pergi ke sekolah. Dengan melarang mereka untuk mendapatkan kemampuan untuk memerintah secara bebas di Internet, Anda sangat mengurangi peluang mereka untuk mengakses konten yang tidak pantas.

Ajari Anak tentang Keamanan Online

Anak-anak sering kali menjadi mata rantai terlemah ketika menyangkut cybersecurity. Mereka hanya rentan, sehingga untuk berbicara. Investasikan pada perangkat lunak keamanan yang dirancang untuk mencegah mereka mengklik tautan yang salah. Pada akhirnya, perangkat lunak ini harus dapat menjauhkan mereka dari mengunjungi situs web yang mencurigakan. Di atas hal lain, Anda harus mengajari mereka tentang konten yang tidak pantas dan mengapa mereka harus membelok dari situs-situs tersebut.

Katakan kepada Mereka Apa yang Harus Dilakukan Jika Mereka Menemukan Situs yang Tidak Pantas

Yang ini di sini dapat disamakan dengan peringatan kebakaran konvensional yang "berhenti, jatuh dan berguling." Pada dasarnya, Anda harus mengajari mereka untuk mematikan komputer atau ponsel cerdas mereka setelah mereka pergi ke situs dewasa. Ini juga harus mencegah mereka dari mengklik lebih banyak tombol atau tautan. Jika tidak, mereka hanya akan terkena porno dan potensi serangan phishing.

Promosikan Akuntabilitas dan Komunikasi Terbuka

Dalam sebuah keluarga, penting bahwa ada akuntabilitas dan komunikasi terbuka. Ini sangat berharga, terutama di dunia di mana informasi dapat diakses secara online. Tujuan Anda adalah membantu anak-anak Anda memahami apa yang diharapkan dari mereka. Ini, khususnya, adalah akuntabilitas. Pada saat yang sama, Anda harus mempromosikan komunikasi terbuka, sehingga mereka akan tahu mengapa keamanan menjadi prioritas utama di Internet. Dengan begitu, ketika sesuatu yang salah terjadi - katakanlah, mereka didekati oleh orang asing di dunia maya atau menerima pesan yang sesuai - mereka akan segera memberi tahu Anda. Ini secara otomatis akan menyelesaikan masalah tepat sebelum bahkan menimbulkan ancaman.

Jadilah Model Peran

Sebagai orang tua, Andalah yang akan selalu memberi contoh untuk anak-anak Anda. Lagi pula, Anda adalah orang tua mereka. Dan bagi mereka, semua yang Anda lakukan tampak benar. Misalnya, cobalah untuk meminimalkan waktu Anda di Internet ketika mereka ada. Mereka akan berpikir bahwa tidak apa-apa untuk menjelajahi internet selama berjam-jam, karena Anda menunjukkannya kepada mereka. Jalani pembicaraan, jadi mereka akan benar-benar memahami pentingnya hal itu. Alih-alih menghabiskan berjam-jam di Internet, mengapa tidak mendedikasikan sebagian besar dari itu dengan anak-anak Anda. Bermainlah dengan mereka atau bacalah buku-buku itu. Anda juga bisa pergi keluar dan menghabiskan waktu di taman atau bermain bersama.

Perhatikan bahwa tips ini belum tentu dijamin membantu menjaga anak-anak Anda tetap aman saat online, efisiensi mereka sebagian besar bergantung pada Anda. Dengan kata lain, Anda harus benar-benar mengerahkan upaya dan bersemangat dalam mengimplementasikannya.

Jangan spam! Apalagi spam link. Kami gak nerima backlink! Pergi sana cari yang lain. Hush hush!
EmoticonEmoticon